Senin, 14 Mei 2012

Lurah Rimba Asam Tinjau Pembangunan Jalan Moyang



RIMBAS  : Harapan Warga yang tinggal di Dusun Kampung Sawah Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan agar jalan moyang yang menghubungkan langsung warga dusun kampung sawah dengan pasar pagi betung untuk di cor beton kini sudah terwujud.
Dengan menggunakan dana Program Nasional Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) sebesar, 344.734.000 rupiah, jalan sepanjang 1000 meter kini sudah mulai dibangun dengan cor beton.
Hardianto (34) warga kampung sawah mengatakan bahwa pembangunan jalan moyang ini sangat bermanfaat bagi masy
arakat yang tinggal dikampung sawah, sebab jalan moyang ini merupakan satu-satunya akses jalan terdekat yang menghubungkan warga kampung sawah dengan pasar pagi betung sekaligus ke ibu kota kecamatan.
“Jalan moyang ini merupakan satu-satunya jalan terdekat bagi warga kampung sawah untuk menuju ke pasar pagi betung, jadi kami sangat berterimakasih dengan di bangunnya jalan moyang ini, hingga nantinya kami dapat ke pasar dengan mudah,” Ujar Haryanto, (10/5).
Jalan moyang yang menghubungan warga kampung sawah dengan ibu kota kecamatan betung, yaitu kelurahan rimba asam ini, sebelumnya telah di bangun 2 unit jembatan dengan menggunakan dana PNPM-MP pada tahun 2011 yang laluh.
Pada tahun 2012 ini jalan moyang kembali mendapat kucuran dana dari PNPM dengan pembangunan cor beton sepanjang 1 KM. pembangunan cor beton itu sangat diharapkan oleh warga kampung sawah, sebab sebelumnya jalan tersebut rusak dan becek terutama di musim hujan.
Seperti yang diceritakan Harun (56) Toko Masyarakat yang tinggal dikampung sawah, menurutnya jalan moyang memang sebelumnya sudah dibangun 2 unit jembatan dengan menggunakan dana PNPM, namun sayangnya kondisi jalan sangat sulit dilalui apabilah dimusim hujan, walaupun sudah perna mendapat bantuan penggusuran oleh PT Medco, namun kerusakan jalan tidak dapat dihindari terutama dimusim hujan.
“memang tahun kemaren sudah di bangun dua unit jembatan di jalan moyang ini, bahkan baru-baru ini juga perna dilakukan penggusuran oleh pt medco, namun akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini membuat kondisi jalan jadi rusak parah, beruntung tahun ini di cor beton dengan menggunakan dana PNPM, jadi warga nantinya dapat dengan mudah melintas,” ujar Harun.
Sementara, Lurah Rimba Asam, Saperan, S.Sos MSi saat meninjau pembangunan jalan tersebut, berharap kepada masyarakat kampung sawah agar dapat menjaga dan merawat jalan tersebut jangan sampai rusak dan selalu dapat dinikmati oleh warga sekitar.
“Saya berharap, agar nantinya, kalau jalan ini sudah selesai di bangun, warga dapat merawat dan menjaga jangan sampai terjadi kerusakan, hingga selalu dapat dimanfaatkan bersama,” harap Saperan. (Vilkadi).

Tidak ada komentar: